Selasa, 11 November 2014

Keanggotan Forum CSR Indonesia






















Keanggotan Forum CSR Indonesia
antamm

1. AntamMemandirikan MasyarakatANTAM secara aktif melakukan program pengembangan masyarakat (community development-comdev) sesuai dengan situasi wilayah. Program ini telah direncanakan secara terperinci dalam setiap tahun anggaran dan secara garis besar tercantum dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan di setiap awal tahun. 

Semua aktivitas pengembangan masyarakat ditujukan untuk memandirikan masyarakat dalam jangka panjang, melalui pengembangan ekonomi lokal, program kesehatan, dan pendidikan.

Disamping itu, ANTAM juga membina hubungan baik dengan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berperan sebagai fungsi kontrol serta penghubung antara Perusahaan, pemerintah dan masyarakat dengan melihat kondisi masyarakat secara langsung. ANTAM juga bekerjasama dengan para akademisi sebagai tenaga ahli yang dapat memberikan pendapat dan saran untuk program tanggung jawab sosial yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk mengetahui tingkat penerimaan masyarakat atas program CSR, pada tahun 2012 ANTAM melaksanakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Agregat nilai IKM yang diperoleh adalah 77,83% dan masuk dalam rentang 66-80 (‘puas’). Pencapaian ini menandakan bahwa masyarakat penerima program CSR merasa ‘puas’ dengan pelaksanaan program CSR Perusahaan.
Link Website : http://www.antam.com/
xl-indonesia

2. XL Indonesia
Sejarah
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).
Link Website : http://www.xl.co.id/corporate/id/home
bca

3. BCA
Berdedikasi Melalui Bakti BCA
Bank Central Asia (BCA) aktif melaksanakan program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility – CSR) di Indonesia. Di bawah naungan program “Bakti BCA” memberikan dana dan menyediakan bantuan logistik melalui berbagai program CSR untuk sektor pendidikan, pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), kesehatan, pelestarian lingkungan, dan bantuan penanggulangan bencana alam.

Di dalam bidang pendidikan antara lain Program Pendidikan Akuntansi (PPA) non gelar, Program Beasiswa Bakti BCA, Program Bakti BCA Terintegrasi, Program Pendidikan Ramah Anak dan Edukasi Produk Perbankan. Di bidang UKM meliputi pelatihan bagi pengusaha kecil dalam pengelolaan keuangan, pengembangan pasar, keterampilan bengkel motor dan kerja sama antara PT Astra Internasional dengan PT Pertamina mengembangkan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama pada beberapa daerah di Indonesia.

Program CSR di bidang kesehatan masyarakat melalui kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan bersama UNICEF untuk program imunisasi anak, pelaksanaan operasi katarak maupun layanan kesehatan lainnya bagi masyarakat tak mampu dan perbaikan serta pembangunan rumah tak layak huni. Di bidang lingkungan hidup, BCA bekerja sama dengan WWF Indonesia dalam program New Tress dengan menyumbangkan 2.000 pohon untuk penghijauan di Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB.

Selain itu, dalam bidang penanggulangan bencana alam, BCA menyerahkan bantuan untuk meringankan penderitaan para korban bencana alam. Seperti di Wasior, Papua; Mentawai, Sumatera Barat; dan Merapi di Yogyakarta. Dana tersebut disalurkan melalui Palang Merah Indonesia. Terakhir, dalam bidang budaya meliputi pementasan wayang orang, opera Jawa Kolosal Mata Hati, festival Dalang Bocah Tingkat Nasional, Jazz Gunung serta pembuatan dan penayanngan program edukasi tentang wayang di Kompas TV. (*)
Link Website : http://www.bca.co.id/

4. Chevron
Mengembangkan Kemitraan, Memajukan Masyarakat
Di Indonesia, ungkapan gotong royong berarti menawarkan bantuan, saling berbagi dan bekerja sama dengan yang lain. Selama lebih dari 80 tahun di Indonesia, Chevron telah menerapkan gotong royong melalui kemitraan dengan pemerintah setempat, masyarakat, organisasi pemerintahan dan non-pemerintahan serta organisasi pengembangan lainnya.

Sebagian besar program tanggung jawab perusahaan kami berinvestasi pada tiga area fokus utama. Yaitu, memperbaiki akses kebutuhan dasar manusia seperti layanan kesehatan, gizi yang lebih baik, perbaikan sanitasi, dan pertanian; memperbaiki akses pendidikan dan pelatihan; dan peningkatan mata pencaharian masyarakat yang berkelanjutan. Kami juga mendukung seni dan budaya, upaya perlindungan lingkungan serta memberikan bantuan bencana alam dan upaya rehabilitasi jangka panjang. Setiap elemen ini turut mendukung kemajuan sosio-ekonomi masyarakat. Program investasi sosial ini diperuntukkan bagi masyarakat dimana kami beroperasi yang sekaligus memperlihatkan komitmen kami menjadi mitra pilihan
Link Website : http://www.chevronindonesia.com/


5. Djarum Foundation
Sejak awal didirikan, Djarum senantiasa terus berupaya untuk menjadi perusahaan yang turut berperan serta dalam memajukan bangsa dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam Indonesia. Dalam kurun waktu 60 tahun, Djarum telah melakukan berbagai program dan kegiatan yang sejalan dengan tujuan pembangunan tersebut.
Djarum Foundation didirikan 30 April 1986 oleh generasi penerus, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Djarum Foundation berpegang pada filosofi “Lahir Dari Dalam dan Berkembang Bersama Lingkungan.” Berangkat dari dasar hidup tersebut, Djarum Foundation berusaha mencapai tujuannya, yaitu untuk menjadi institusi yang terbaik dalam memajukan Indonesia sebagai negara yang digdaya seutuhnya di bidang sosial, olahraga, lingkungan, pendidikan dan budaya.

Dengan misi memajukan Indonesia menjadi negara digdaya yang seutuhnya, Djarum Foundation mencapai tujuannya melalui beragam kegiatan dengan mengusung misi yang fokus pada bidang masing-masing.

1951    
Djarum Sumbangsih Sosial
Berperan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
1969
Djarum Beasiswa Bulutangkis
Membantu persatuan Indonesia dan meningkatkan martabat bangsa melalui kejayaan bulutangkis.
1979
Djarum Trees For Life
Melestarikan lingkungan demi kehidupan yang berkualitas.
1984
Djarum Beasiswa Plus
Membantu mencetak sumber daya manusia agar semakin berprestasi bangsa ini dan semakin kokoh Negeri ini.
1992
Djarum Apresiasi Budaya
Meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kekayaan budaya Indonesia.
Semua program dari Djarum Foundation adalah bentuk konsistensi Bakti Pada Negeri, demi terwujudnya kualitas hidup Indonesia di masa depan yang lebih baik dan bermartabat.
Link Website : http://www.djarumfoundation.org/


6. JAPFA
Peduli Anak Indonesia 
Kampanye Gizi JAPFA4Kids merupakan kegiatan kepedulian sosial perusahaan dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA). Mengambil tema “Anak Indonesia Peduli Gizi”, kampanye gizi ini bertujuan untuk Meningkatkan wawasan pengetahuan tentang pentingnya mengkosumsi pangan hewani bagi kesehatan dan kecerdasan anak-anak. Sejak dimulai pada tahun 2008 hingga saat ini, kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids sudah diadakan di 18 propinsi di seluruh Indonesia. 
Kampanye gizi JAPFA4Kids dilakukan selama dua hari berturut-turut di satu lokasi, dengan fokus pada anak-anak murid sekolah dasar negeri di wilayah sekitar unit operasional JAPFA.

Dengan kehadirannya dalam suatu lingkungan, JAPFA berharap dapat membawa pengaruh baik dan ikut memberikan kemajuan untuk lingkungan sekitar. Baik melalui bantuan sarana maupun prasarana, JAPFA terus berusaha untuk berkontribusi dalam masyarakat untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan hubungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, JAPFA berharap dapat terus berkembang menuju kesejahteraan bersama.

JAPFA mendukung dunia pendidikan di Indonesia agar dapat meningkatkan kualitas generasi mendatang. Selain itu, juga turut serta membangun dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di beberapa sekolah dasar yang rusak akibat bencana alam. Dengan infrastruktur yang layak dan mendukung, JAPFA berharap proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih baik, dan anak-anak dapat menikmati pendidikan yang menjadi hak mereka. Anak-anak adalah investasi Indonesia yang harus kita jaga bersama.

JAPFA dan anak-anak perusahaan juga ikut mendukung kegiatan olahraga di Indonesia; terutama olahraga Catur melalui JAPFA Chess Club. Selain itu, JAPFA juga memberikan pelatihan karate yang terbuka untuk umum di Sidoarjo, dan turut mendukung olahraga lain, seperti sepakbola, balap sepeda dan bulutangkis. Dunia olahraga memiliki nilai-nilai yang harus dikembangkan dalam jiwa bangsa, seperti sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, dan percaya diri. JAPFA berkomitmen untuk terus ikut mendukung perkembangan olahraga di Indonesia.
Link Website : http://www.japfa4kids.com/


7. Medco Energi
CSR Bagian Pencapaian Pertumbuhan Bisnis
Seperti halnya perusahaan terkemuka lainnya di Indonesia maupun dunia, Medco Energi menyadari bahwa mendapatkan keuntungan bukanlah sekedar keberhasilan untuk menjamin pertumbuhan bisnis di masa mendatang. Medco Energi merasa bahwa bisnis yang benar-benar sukses dan berkelanjutan harus dapat memberikan kontribusi langsung dan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat. Terutama masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan kami. Konsep ini dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR).
Untuk MedcoEnergi, CSR telah menjadi bagian internal dari upaya kami untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Diantaranya di bidang pendidikan, mendorong pertumbuhan ekonomi, kehidupan spritual, kemanusia, seni dan budaya, olah raga dan hubungan antar komunitas lainnya.
Link Website : http://www.medcofoundation.org


8. Trakindo
Pentingnya Reputasi Untuk Kesuksesan
Corporate Social Responsibility (CSR) di Trakindo diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan para pemangku kepentingan, khususnya karyawan dan masyarakat setempat. Masalah pendidikan bagi masa depan generasi Indonesia, Trakindo telah aktif dengan memberikan dukungan pendidikan sebagai bagian dari kegiatan CSR. Diantaranya melalui beasiswa reguler untuk anak-anak berbakat dari karyawan. Juga melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah menengah (SMA) maupun lembaga pendidikan tinggi seperti Politeknik di Indonesia. Melalui perguruan tinggi, Trakindo membantu mendirikan program studi alat berat dengan menyediakan mesin dan fasilitas multimedia. Semuanya direkrut dari siswa yang telah dinyatakan memenuhi syarat.

Kesehatan masyarakat dan program-program sosial juga merupakan bagian dari kegiatan CSR Trakindo. Diantara program-program rutin adalah donor darah triwulanan diselenggarakan di kantor Trakindo di seluruh Indonesia. Trakindo juga merupakan salah satu sponsor utama dari program berkelanjutan operasi bibir sumbing bagi anggota masyarakat terutama di Kalimantan Timur dengan wilayah operasional perseroan.

Trakindo juga berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan berupa dana, kebutuhan masyarakat korban bencana dan mobilisasi alat-alat berat di daerah-daerah yang terkena bencana. Seperti yang pernah dilakukan saat terjadinya tsunami di Aceh, gempa di Yogyakarta dan Jawa Tengah serta banjir di beberapa daerah di Indonesia. Melalui program CSR Trakindo itu juga bertujuan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat lokal dan membina hubungan harmonis dengan mereka.
Link Website : http://www.trakindo.co.id/


9. Total
Menjalankan Tanggung Jawab Sosial Dengan Konsisten
Di Indonesia, Grup TOTAL diwakili oleh afiliasinya di sektor hulu dan hilir. Di bidang eksplorasi dan produksi (hulu), TOTAL E&P INDONESIE (TEPI) telah menjadi operator untuk Blok Mahakam di Kalimantan Timur sejak tahun 1968. TEPI merupakan produsen gas terbesar di Indonesia sejak tahun 2000 dan saat ini berkontribusi sebesar 82% dari keseluruhan pasokan Kilang LNG Bontang. TOTAL memperluas aktifitasnya di luar area Mahakam dengan jumlah aset 15 blok di tahun 2012. Di sektor hilir, TOTAL di Indonesia diwakili oleh PT. Total Oil Indonesia (TOI).

Sebagai bagian dari perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia, Total juga terlibat dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat di bidang pendidikan dan penelitian, kesehatan dan gizi, pemberdayaan ekonomi lokal, lingkungan dan energi alternatif. Semuanya dijalankan dengan berkesinambungan dan konsisten, dengan komitmen penuh Total dalam menjawab tantangan pembangunan di Indonesia.

Komitmen Total diimplimentasikan melalui program tenaga kerja, dengan perencanaan yang ekstensif dalam mengembangkan tenaga kerja dan para manajer lokal melalui pelatihan dan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri, serta program pengembangan jenjang karir bagi karyawan baru. Total juga terus memperbesar jaringan kemitraan dengan perusahaan nasional dan secara signifikan membuka lahan pekerjaan baru. Saat ini diperkirakan terdapat 20.000 orang karyawan tetap bekerja di berbagai lokasi di Indonesia.
Link Website : http://www.id.total.com/in/tentang-kami.html
unilever

10. Unilever
Empat Pilar Program CSR
Bagi Unilever, sumber daya manusia adalah pusat dari seluruh aktivitas perseroan. Kami memberikan prioritas pada mereka dalam pengembangan profesionalisme, keseimbangan kehidupan, dan kemampuan mereka untuk berkontribusi pada perusahaan. Terdapat lebih dari 6000 karyawan tersebar di seluruh nutrisi.

Perseroan mengelola dan mengembangkan bisnis perseroan secara bertanggung jawab dan berkesinambungan. Nilai-nilai dan standar yang Perseroan terapkan terangkum dalam Prinsip Bisnis Kami. Perseroan juga membagi standar dan nilai-nilai tersebut dengan mitra usaha termasuk para pemasok dan distributor kami.

Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial, Unilever Indonesia menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang luas. Keempat pilar program kami adalah Lingkungan, Nutrisi, Higiene dan Pertanian Berkelanjutan. Program CSR termasuk antara lain kampanye Cuci Tangan dnegan Sabun (Lifebuoy), program Edukasi kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango) serta program Memerangi Kelaparan untuk membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band).
Link Website : http://www.unilever.co.id/id/
Source : http://indonesiacsrsociety.com/keanggotaan/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed ByBlogger Templates